Sunday, March 31, 2013

Happy Birthday, Tacik!


Ulang tahun, atau birthday, atau juga milad dalam bahasa arab, adalah satu hari dalam setahun yang bertepatan tanggal dengan hari kita dilahirkan. Ulang tahun idientik dengan kado-kado, lengkap dengan wrapping-nya yang kemilau, balon warna-warni, kue yang ditancep-tancepin lilin, traktiran, dan nyanyian Happy Birthday. Bahkan, ada juga ulang tahun yang diwarnai dengan telur busuk yang dilempar-lempar, tepung, dan air got.

Saraswati Disma, atau biasa dipangil Tacik oleh anak-anak, merayakan ulang tahunnya malam ini. Semuanya di awali dengan handphone-ku yang berdering beberapa kali. Awalnya sih nggak sadar klo tuh handphone bunyi, soalnya lagi asik konser pribadi di kamar mandi, namun karena panggilannya yang berulang-ulang, langsung aku angkat sambil keringin rambut keritingku pake handuk.

Ternyata si Tacik. Ada apakah gerangan? Tumben-tumbenan aku dapet panggilan dari Cak Yuk Pasuruan. Aku langsung inget-inget kejadian tempoe doeloe, ada utang nggak yah aku sama dia? Gawat juga klo ditagih sekarang soalnya lagi krisis bulan tua. Eh, ternyata aku malah dapet sebuah kabar yang mungkin sangat di arep-arepin sama anak kost yang lagi bokek se-antero Indonesia. Undangan traktiran ulang tahun! Tanganku bergetar, aku tak bisa menahan air mataku, handphone-ku langsung jatuh. Sudah tidak kuat berdiri rasanya, ini benar-benar rahmat yang sangat besar!

A couple of minutes later, aku dah dandan rapi, dan kami pun berangkat. Tujuan awal sih ke salah satu restoran burger, tapi batal gara-gara udah mau tutup. Padahal Widi, Amanda, sama Retty udah booking tempat disana. Bahkan udah nitip kue segala buat surprise-nya nanti. Tapi nggak mengapa! The show must go on. Kami pun beralih ke tempat makan lain. And, yup! semuanya berjalan dengan lancar dari point ini.

Satu hal sih yang bisa aku pelajarin dari pesta kecil-kecilan ini. Perempuan itu bener-bener makhluk yang penuh dengan emosi. Tangisan bahagia Tacik saat mendapat kejutan birthday cake-lah yang membuatku menyadari ini. Birthday cake yang tidak bisa dibilang "wah", namun penuh dengan nilai persahabatan dan saling peduli satu sama lain.

Kalian memang mengagumkan.



No comments:

Post a Comment