Sunday, March 24, 2013

Awas! Skripsi Mendekat!


Apakah skripsi itu?


"Skripsi adalah istilah yang digunakan di Indonesia untuk mengilustrasikan suatu karya tulis ilmiah berupa paparan tulisan hasil penelitian sarjana S1 yang membahas suatu permasalahan/fenomena dalam bidang ilmu tertentu dengan menggunakan kaidah-kaidah yang berlaku." (Wikipedia)

Dari definisi diatas aja, nampaknya cukup ribet yah? Belum lagi tahapan-tahapannya seperti pengajuan judul, pengajuan proposal, seminar, penilitian, dan lain-lain. Pastinya akan membutuhkan waktu, pikiran, dan biaya.

Dan sekarang, aku dihadapin dengan suatu masalah pelik yang namanya skripsi ini. Semester 6 ini, aku disodorkan dengan sebuah matkul yang tujuannya memberikan pandangan dan mempersiapkan mahasiswa awam kayak aku untuk memulai penilitian pribadi sebagai syarat kelulusan dari perguruan tinggi.

Berat? Ya, memang. Berjibaku dengan buku-buku, jurnal, dan skripsi-skripsi wisudawan yang lalu menjadi beban tersendiri bagi mahasiswa macam aku. Pernah juga sih protes  dan bertanya-tanya dalam hati, kok skripsi sih? Kenapa nggak yang lain aja? Layakkah pengorbanan tenaga, waktu, dan pikiran kita untuk sebuah skripsi? Apakah skripsi-skripsi yang tiap tahun dihasilkan dari buah pemikiran mahasiswa-mahasiswa itu bener-bener mengembangkan pendidikan di Indonesia, ataukah hanya sebuah simbol untuk syarat memperoleh ijazah semata?

Sigh, this whole thing weigh a ton!



No comments:

Post a Comment